Tipe : Unit Layanan Instansi Pemerintah Daerah
Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 Kabupaten Bogor atau diberi nama Bogor Siaga merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Bogor yang dirintis sejak tahun 2019 di bawah pengelolaan Dinas Komunikasi dan Informatika. Layanan ini bertujuan untuk memberikan respon cepat terhadap situasi pengaduan darurat, seperti bencana alam, kecelakaan, kebakaran, insiden dan darurat medis. Masyarakat hanya perlu menghubungi nomor 112 dan tidak menghapal banyak nomor.
Sebagai pusat layanan pengaduan darurat masyarakat kabupaten Bogor melalui telepon 112, Bogor Siaga menerima pengaduan telfon dalam bentuk permintaan bantuan atau memberikan informasi terkait kegawatdarutatan tanpa dikenakan biaya panggilan telfon / pulsa. Layanan ini mampu berkoordinasi langsung dengan dinas memiliki tugas dan fungsi kegawatdaruratan.
Adapun koordinasi First Responder 112 mencakup
112 Kabupaten Bogor dibangun atas dasar Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 10 tahun 2016 tentang layanan nomor tunggal panggilan darurat dan diperkuat dengan peraturan Bupati Bogor Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Panggilan Darurat Bogor Siaga 112. Peraturan ini memuat kewajiban untuk mengintegrasikan semua layanan telepon pengaduan, pemberian informasi gawat darurat (emergency) dari instansi pemerintah kepada instansi terkait lainnya ke dalam sistem Layanan Bogor Siaga 112. Sistem ini mencakup layanan darurat, layanan penyelamatan, tim manajemen bencana, dan pusat panggilan 24 jam untuk melaporkan situasi darurat.
112 Kabupaten Bogor termasuk Call Center yang terdepan di jajaran kota kabupaten lainnya, karena mampu mengembangkan teknologi sistim transparansi kinerja dan penggunaan sosial media secara efektif.
Prestasi gemilang juga dicapai oleh Bogor Siaga 112, di mana pada tahun 2023, layanan ini berhasil meraih penghargaan nasional sebagai Call Center dengan subkategori Pelayanan Terbaik. Hal ini menjadi bukti komitmen dan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat.
Kontak Bogor Siaga 112
• Telepon Darurat: 112
• Alamat: Gedung Command Center Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor
• Email: 112@bogorkab.go.id & bogorsiaga112@gmail.com
Tipe : Instansi Pemerintah Daerah
Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, sebagai unit first responder, menonjol dengan disposisi terbanyak dan tingkat penyelesaian tertinggi versi Command Center dalam penanganan darurat. Terdistribusi dalam dua bagian fungsi utama, yaitu pemadam kebakaran dan penyelamatan, dinas ini menjadi kekuatan andal dalam menjaga keselamatan masyarakat.
Dengan sejumlah sektor yang tersebar di titik-titik strategis di seluruh Kabupaten Bogor, Dinas Pemadam Kebakaran hadir sebagai garda terdepan yang siap memberikan respons cepat terhadap situasi darurat. Tidak hanya terbatas pada pemadaman kebakaran, dinas ini juga terampil dalam melaksanakan evakuasi satwa liar, pencarian orang hilang, serta penanganan kecelakaan berat atau situasi terjebak.
Keberagaman kemampuan tersebut menjadikan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor sebagai entitas yang sangat adaptif terhadap berbagai skenario permasalahan yang dihadapi oleh warga. Dengan komitmen yang kuat untuk memberikan perlindungan dan layanan terbaik, dinas ini berperan sebagai pilar utama dalam menjaga keamanan masyarakat Kabupaten Bogor.
Informasi Kontak
Tipe : Unit Layanan Pemerintah Daerah
Intelligent Transportation System (ITS) Kabupaten Bogor
merupakan unit dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor yang ditempatkan di
Command Center Kabupaten Bogor.
Intelligent Transportation System (ITS) adalah Sistem Teknologi Komunikasi dan Informasi yang saling terintegrasi antara sarana dan prasarana lalu lintas dalam rangka penyelesaian permasalahan lalu lintas serta untuk mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan yang diselenggarakan dengan sistem informasi dan komunikasi yang terpadu.
ITS yang memiliki fungsi dan kegunaan untuk mengatur lalu lintas dan angkutan jalan pada persimpangan dengan uraian sebagai berikut:
1. Mengatur
siklus traffic light dari jarak jauh secara otomatis dan manual;
2. Memberikan
prioritas lalu lintas yang menjadi utama atau dengan kata lain mengatur ruas
jalan pada persimpangan yang menjadi prioritas atau yang memiliki antrian
kendaraan yang panjang;
3. Melakukan pantauan
dan pemberian informasi lalu lintas kepada pengguna jalan;
4. Memberikan prioritas kendaraan tertentu.
Sampai Tahun 2024 ini, sebanyak 27 titik lokasi Simpang dan 2
titik Ruas Jalan yang terintegrasi antara Kabupaten dan Badan Pengelola
Transportasi JABODETABEK (BPTJ) serta terkoordinasi dan dapat di monitor langsung melalui Circuit Control ROOM atau
Ruang Sistem Kontrol Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor.
Informasi Kontak
Alamat : Jalan Dinas LLAJ Kabupaten Bogor - Kantor Baru, Cimandala, Sukaraja,Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710
Sosial Media : @itskabbogor ( instagram) @itskabbogor (tiktok)
Tipe: Instansi Pemerintah Daerah
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor (BPBD Kabupaten Bogor) merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan upaya penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Bogor. Sebagai entitas yang didedikasikan untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, BPBD Kabupaten Bogor berperan aktif dalam upaya pencegahan, mitigasi, dan tanggap darurat terhadap berbagai jenis bencana.
Dengan tim yang terlatih dan berpengalaman, BPBD Kabupaten Bogor memiliki kemampuan untuk merespons cepat dalam situasi darurat, baik dalam hal evakuasi, penyediaan bantuan, maupun rehabilitasi pasca-bencana. Melalui kerjasama yang erat dengan berbagai instansi dan lembaga terkait, BPBD Kabupaten Bogor memastikan bahwa respon terhadap bencana dilakukan secara efektif dan terkoordinasi.
Selain itu, BPBD Kabupaten Bogor juga aktif dalam melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan dan penanganan bencana, sehingga meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.
Informasi Kontak
Alamat Kantor: Jalan Tegar Beriman Nomor 1 Pakansari, Cibinong
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) adalah institusi yang bertanggung jawab untuk menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, serta melindungi masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor.
Dalam rangka meningkatkan efektivitas dalam melayani masyarakat Satpol PP Kabupaten Bogor kini telah bergabung menjadi salah satu First Responder 112 di Command Center Kabupaten Bogor.
Berbagai permasalahan terkait gangguan ketentraman dan ketertiban umum mencakup banyak aspek, mulai dari masalah sosial hingga masalah lingkungan. Mulai dari Pedagang Kaki Lima (PKL), Bangunan Tanpa Izin, Pengemis dan Gelandangan, Vandalisme, Pelanggaran Lingkungan (Pembuangan sampah sembarangan, pencemaran air dan udara, serta perusakan lingkungan hijau), Konflik Sosial (Bentrokan antar warga atau antar kelompok yang dapat mengganggu ketertiban umum) dan masih banyak permasalahan lainnya.
Dengan adanya permasalahan ketentraman dan ketertiban umum ini maka di perlukan penanganan lebih lanjut melalui kerjasama antara berbagai pihak termasuk Satpol PP, Pemerintah Daerah, Kepolisian, dan Masyarakat. Dengan adanya sinergi yang baik, diharapkan gangguan-gangguan ini dapat diminimalisir dan ketertiban serta ketenteraman umum dapat terjaga dengan baik.
Alamat Kantor :
Jln. Aman No. 4 Kel. Tengah, Kec. Cibinong, Kab. Bogor 16914
Follow Instagram :
@satpolpp.kabbogor
Tiktok :
@polpp.kabbogor
YouTube :
Satpol PP Kabupaten Bogor
CAGEUR (Cibinong Gancang Ngubaran Dulur) merupakan suatu inovasi dari RSUD Cibinong Bogor yang menghadirkan Hospital Without Wall melalui layanan Rujukan, Telemdicine dan Homecare. Integrasi internal dengan SPGDT (Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu) dan Bogor HADE (Health Prevention, Agromaritim, Traditional, dan Emergency) mendukung transformasi layanan kesehatan berbasis one health yang tidak hanya menangani permasalahan kesehatan manusia. CAGEUR (Cibinong Gancang Ngubaran Dulur) juga berintegrasi dengan layanan lingkup Kabupaten Bogor yaitu 112 (DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR) yang menunjukkan kolaborasi dan sinergi RSUD Cibinong dengan inovasi pemerintah daerah Kabupaten Bogor.\
Inovasi CAGEUR dipilih untuk meningkatkan aksesibilitas layanan masyarakat, dengan menggunakan aplikasi digital maka sudah tidak lagi terbatas wilayah. Meningkatkan respon time pelayanan gawat darurat, dengan adanya komunikasi pre hospital selama proses rujukan maka dapat mencegah kematian dan kecacatan. Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien untuk mendapatkan layanan rumah sakit di rumah ( Hospital Without Wall ). Meningkatkan kesiapsiagaan bencana, terutama dalam penanganan wabah, penyakit infeksi emerging sebagai wujud transformasi pelayanan Kesehatan berbasis One Health.
RSUD Cibinong hadir dengan inovasi CAGEUR (Cibinong Gancang Ngubaran Dulur).
a)
Rujukan
Gawat Darurat
Rujukan antar faskes dengan tim medis yang handal dan alat yang lengkap, terintegrasi dengan Portal Kegawat Daruratan Kab.Bogor 112, dan siap siaga bencana berbasis One Health Bogor HADE RSUD
b)
Telemedicine /
Telekonsultasi
Hadir untuk
mendekatkan layanan konsultasi medis bagi masyarakat melalui platform digital
CAGEUR.
c)
Home
Care
Layanan kesehatan
paripurna untuk menghadirkan pelayanan Rumah Sakit di rumah. Seperti :
•
Perawatan Pasien Paliatif
•
Perawatan Pasien Geriatri
•
Perawatan Luka Pasca Operasi
•
Suntik Vitamin
•
Perawatan Ibu Pasca Melahirkan
• CAGEUR merupakan layanan rujukan, telemedicine,
dan home care terpadu serta terintegrasi dengan Portal kegawat Daruratan
Kab.Bogor 112 melalui Command Centre BOGOR HADE RSUD Cibinong.
• Aplikasi CAGEUR merupakan digitalisasi layanan
Kesehatan sebagai wujud transformasi layanan Kesehatan berbasis digital Hospital
Without Wall.
• CAGEUR tidak hanya menangani rujukan gawat darurat
kardiovaskular, respiratory, dan trauma tetapi juga memiliki keunikan berupa
kesiapsiagaan bencana berbasis One Health yang merupakan layanan
unggulan RSUD Cibinong dalam penanganan penyakit infeksi emerging dan zoonosis.
•
Mempercepat
dan memperluas akses pelayanan Kesehatan.
• Saat ini layanan CAGEUR sudah dapat digunakan oleh
masyarakat Kabupaten Bogor maupun diluar wilayah Kabupaten Bogor, seperti DKI
Jakarta, Bandung, Yogyakarta;
•
Efisiensi
biaya operasional pasien.
• Dapat memberikan pelayanan paripurna mulai dari
pelayanan promotif dan preventif hingga kuratif dan rehabilitatif
di bawah pengawasan dokter spesialis sesuai dengan kompetensi dan kewanangan
klinisnya.
• Jenis penyakit yang sudah dilayani melalui CAGEUR
yaitu penyakit dengan resiko rendah hingga penyakit dengan kegawat daruratan
seperti Kardiovaskuler, Respiratory, KLL ( Kecelakaan Lalu Lintas ), serta
penyakit pada pasien paliatif.
Tipe : Organisasi Masyarakat
Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adalah sebuah organisasi relawan masyarakat yang beroperasi dalam bentuk yayasan, dengan fokus utama pada kegiatan sosial. Berkomitmen untuk memberikan dukungan dalam berbagai bidang, mulai dari tanggap bencana, pelatihan, hingga kesehatan masyarakat. Sebagai mitra dalam program 112, kerjasama dengan APPI menguatkan peran sebagai first responder dalam situasi darurat medis, dengan menyediakan dukungan ambulans yang siap digunakan.
Setiap anggota APPI telah dilengkapi dengan sertifikasi keahlian dalam penanganan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) serta penyelamatan, menjadikan organisasi ini sebagai pilihan pamungkas bagi 112 Kabupaten Bogor dalam skenario tertentu untuk mendukung tim first responder medis lainnya.
Dengan semangat kepedulian dan komitmen untuk melayani masyarakat, APPI terus berupaya menjadi garda terdepan dalam memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan, demi kesejahteraan dan keselamatan bersama.
Informasi Kontak:
Tipe : Organisasi Masyarakat
TRC RAPI CIKAL, singkatan dari Tim Reaksi Cepat Radio Antar Penduduk Indonesia Cileungsi Klapanunggal Lokal 07, adalah kelompok relawan berdedikasi menolong masyarakat tanpa pungutan biaya. Beroperasi disekitar wilayah Cileungsi dan Klapanunggal. Bahkan sering dilibatkan melakukan operasi potensi SAR diluar wilayah domisili.
TRC RAPI CIKAL aktif menggunakan alat komunikasi 2 arah, khususnya Handy Talky, dengan frekuensi VHF 143.360 Mhz.
RAPI memiliki peran penting dalam memfasilitasi Komunikasi Radio Bencana. Sistem ini menggunakan radio sebagai alat komunikasi untuk mengatasi dan mengelola situasi darurat atau bencana jika komunikasi modern berbasis GSM atau internet tidak memungkinkan disuatu wilayah. Inisiatif ini memungkinkan tim penyelamat dan pihak terdampak untuk tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dalam situasi bencana. Mereka dapat berbagi informasi, mengoordinasikan tindakan penyelamatan, dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan. Tak hanya itu, Komunikasi Radio Bencana juga berperan dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara bertindak dan memberikan arahan penting.
Hingga saat ini, TRC RAPI CIKAL terus berkomitmen untuk membantu pemerintah kecamatan dan tingkat kabupaten dalam merespons dan mengatasi situasi darurat di wilayah Kabupaten Bogor, khususnya di Kecamatan Cileungsi dan Kelapanunggal. Menjadi aset relawan bagi Dinas Pemadam Kebakaran dan Call Center 112 dalam penjangkauan awal dan verifikasi informasi. RAPI pun cukup memainkan peran untuk seluruh relawan di wilayah Bogor Timur